(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/semester : IV / 2
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan :
1 x pertemuan
I.
Standar
Kompetensi
11. Memahami hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
II.
Kompetensi
Dasar
11.1 Menjelaskan hubungan antara
sumber daya alam dengan lingkungan.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
IV.
Tujuan
Simulasi
Untuk melatih keterampilan bertanya
dasar
V.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasikan hubungan antara sumber
daya alam dengan lingkungannya.
VI.
Materi
Ajar
A. Hubungan Sumber Daya Alam dengan
Lingkungan
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan berupa kumpulan beraneka ragam makhluk hidup maupun benda-benda tak hidup yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Contoh sumber daya alam yaitu sinar matahari, ombak, angin,air terjun,emas, batu bara, logam, gas bumi, tumbuhan dan hewan.
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan berupa kumpulan beraneka ragam makhluk hidup maupun benda-benda tak hidup yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Contoh sumber daya alam yaitu sinar matahari, ombak, angin,air terjun,emas, batu bara, logam, gas bumi, tumbuhan dan hewan.
Hubungan sumber daya alam dengan lingkungan sekitar sangat
erat sekali yaitu sebagai tempat wisata, tempat memperoleh ilmu pengetahuan
atau pendidikan, maupu tempat penelitian.
Adapun contoh hubungannya dapat
dilihat seperti berikut ini.
a.
Taman
wisata adalah daerah pelestarian alam yang mempunyai keindahan alam, tumbuhan
dan satwa indah dapat mudah dilihat dan terkadang dijumpai air terjun dan gua.
Contohnya Taman Wisata Ir. H. Juanda.
b.
Taman
nasional adalah daerah pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, yang
dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan
rekreasi. Contohnya Taman Nasional Gede Pangrango, Ujung Kulon, dan Pulau
Komodo.
c.
Kebun
raya adalah daerah yang ditanami jenis-jenis tumbuhan yang disusun sesuai
dengan kelompoknya yang berguna untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan wisata.
Contoh Kebun raya bogor dan Kebun Raya Purwodadi.
VII.
Alokasi
Waktu: 1 x 30 menit
VIII. Metode Pembelajaran
a) Diskusi
b) Tanya
jawab
c) Pemberian
tugas
IX. Kegiatan Pembelajaran
a) Kegiatan
pendahuluan
1)
Salam
2)
Do’a
3)
Mengecek kehadiran siswa
4)
Apersepsi
5)
Mengkondisikan kesiapan belajar
6)
Informasi materi dan tujuan
pembelajaran.
b) Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
1) Guru
menanyakan kepada siswa tentang sumber daya alam yang diketahuinya.
2) Siswa
menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
3) Guru
memperlihatkan media gambar agar siswa dapat menjawab sesuai dengan pertanyaan
yang diajukan.
2. Elaborasi
1) Guru
membagi siswa ke dalam 3 kelompok untuk melakukan diskusi.
2) Guru
membagikan media gambar ke masing - masing kelompok.
3) Siswa
mengamati media gambar agar dapat mengidentifikasi hubungan sumber daya alam
dengan lingkungan.
4) Siswa
dibimbing oleh guru dalam mengidentifikasi hubungan sumber daya alam dengan
lingkungan.
5) Guru
membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
3. Konfirmasi
1) Guru
menjelaskan tentang apa yang sudah didapatkan siswa dari hasil diskusi.
2) Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c) Kegiatan
Akhir
1) Penilaian
(guru memberikan soal individu).
2) Guru
melakukan refleksi dan tindak lanjut.
3) Guru
menutup kegiatan pembelajaran.
X. Alat /media dan Sumber Belajar
a) Media
· Gambar
b) Sumber
belajar
1. KTSP
TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2. Drs.
Haryanto. Sains untuk SD kelas IV.
Penerbit Erlagga : Jakarta.
XI. Penilaian
Pembelajaran
a) Hasil
: penugasan
Soal
Esai !
2.
Apakah hubungan sumber daya alam dengan lingkungan
?
Kunci jawaban
:
1.
sinar
matahari, ombak, angin,air terjun,emas, batu bara, logam, gas bumi, tumbuhan
dan hewan.
2.
Hubungannya
sangat erat sekali yaitu sebagai tempat wisata, tempat memperoleh ilmu
pengetahuan atau pendidikan, maupu tempat penelitian.
Penskoran:
No
|
Penilaian/soal
|
Skor
|
1
|
Jawaban
benar
|
30
|
2
|
Jawaban
benar
|
70
|
Skor
maksimal
|
100
|
Pontianak, 25 maret 2013
Dosen Pembimbing Mahasiswa
M.
Setiawan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar