بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB

Rabu, 19 Juni 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran



(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas/semester                        : IV / 2
Mata pelajaran                         : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah pertemuan                   : 1 x pertemuan


I.          Standar Kompetensi
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

II.          Kompetensi Dasar
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.

III.          Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengidentifikasikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungannya.

IV.          Tujuan Simulasi
Untuk melatih keterampilan bertanya dasar

V.          Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungannya.

VI.          Materi Ajar
A.    Hubungan Sumber Daya Alam dengan Lingkungan
Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang dapat diperoleh dari lingkungan berupa kumpulan beraneka ragam makhluk hidup maupun benda-benda tak hidup yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Contoh sumber daya alam yaitu sinar matahari, ombak, angin,air terjun,emas, batu bara, logam, gas bumi, tumbuhan dan hewan.
Hubungan sumber daya alam dengan lingkungan sekitar sangat erat sekali yaitu sebagai tempat wisata, tempat memperoleh ilmu pengetahuan atau pendidikan, maupu tempat penelitian.
Adapun contoh hubungannya dapat dilihat seperti berikut ini.
a.       Taman wisata adalah daerah pelestarian alam yang mempunyai keindahan alam, tumbuhan dan satwa indah dapat mudah dilihat dan terkadang dijumpai air terjun dan gua. Contohnya Taman Wisata Ir. H. Juanda.
b.      Taman nasional adalah daerah pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan rekreasi. Contohnya Taman Nasional Gede Pangrango, Ujung Kulon, dan Pulau Komodo.
c.       Kebun raya adalah daerah yang ditanami jenis-jenis tumbuhan yang disusun sesuai dengan kelompoknya yang berguna untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan wisata. Contoh Kebun raya bogor dan Kebun Raya Purwodadi.

VII.            Alokasi Waktu: 1 x 30 menit

VIII.    Metode Pembelajaran
a)      Diskusi
b)      Tanya jawab
c)      Pemberian tugas

IX.    Kegiatan Pembelajaran
a)      Kegiatan pendahuluan
1)        Salam
2)        Do’a
3)        Mengecek kehadiran siswa
4)        Apersepsi
5)        Mengkondisikan kesiapan belajar
6)        Informasi materi dan tujuan pembelajaran.
b)      Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
1)      Guru menanyakan kepada siswa tentang sumber daya alam yang diketahuinya.
2)      Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
3)      Guru memperlihatkan media gambar agar siswa dapat menjawab sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.
2.      Elaborasi
1)      Guru membagi siswa ke dalam 3 kelompok untuk melakukan diskusi.
2)      Guru membagikan media gambar ke masing - masing kelompok.
3)      Siswa mengamati media gambar agar dapat mengidentifikasi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.
4)      Siswa dibimbing oleh guru dalam mengidentifikasi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan.
5)      Guru membimbing siswa mempresentasikan hasil diskusi ke depan kelas.
3.      Konfirmasi
1)      Guru menjelaskan tentang apa yang sudah didapatkan siswa dari hasil diskusi.
2)      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
c)      Kegiatan Akhir
1)      Penilaian (guru memberikan soal individu).
2)      Guru melakukan refleksi dan tindak lanjut.
3)      Guru menutup kegiatan pembelajaran.

 X.   Alat /media dan Sumber Belajar
a)      Media
·      Gambar
b)      Sumber belajar
1.      KTSP TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2.      Drs. Haryanto. Sains untuk SD kelas IV. Penerbit Erlagga : Jakarta.

 XI.   Penilaian Pembelajaran
a)      Hasil : penugasan
Soal Esai !
1.      Sebutkan contoh sumber daya alam yang anda ketahui ?
2.      Apakah hubungan sumber daya alam dengan lingkungan ?
Kunci jawaban :
1.      sinar matahari, ombak, angin,air terjun,emas, batu bara, logam, gas bumi, tumbuhan dan hewan.
2.      Hubungannya sangat erat sekali yaitu sebagai tempat wisata, tempat memperoleh ilmu pengetahuan atau pendidikan, maupu tempat penelitian.

            Penskoran:
No
Penilaian/soal
Skor
1
Jawaban benar
30
2
Jawaban benar
70

Skor maksimal
100

         Pontianak, 25 maret 2013

Dosen Pembimbing                                                                 Mahasiswa


                                                                                                M. Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar