Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar
Kelas/semester : VI / I
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Jumlah pertemuan : 1 x pertemuan
I.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara –
negara di Asia Tenggara, serta benua – benua.
II.
Kompetensi
Dasar
1.2 Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara – negara
tetangga.
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Menyebutkan kenampakan alam negara
– negara tetangga.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
V.
Materi
Ajar
A.
Kenampakan
Alam Negara Tetangga Indonesia
Kita hidup
di wilayah Indonesia. Negara kita berada di kawasan Asia Tenggara. Indonesia
memiliki bentuk wilayah yang berbeda dengan negara-negara tetangga. Negara
tetangga yang berdekatan dengan Indonesia adalah Singapura, Malaysia, Filipina,
dan Brunei Darussalam. Meskipun berdekatan, negara tetangga tersebut memiliki
batas wilayah yang berbeda.
Dilihat
dari letak geografisnya, Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara. Indonesia
terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Australia. Indonesia juga
diapit dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik. Melihat kondisi
geografisnya, Indonesia merupakan negara kepulauan. Indonesia memiliki beberapa
selat, laut, teluk, gunung, dan pegunungan. Di Indonesia terdapat beberapa
gunung yang masih aktif. Misalnya Gunung Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Kelud,
Gunung Gamalama, dan Gunung Papandayan. Gunung berapi mengeluarkan asap yang
mengepul. Gunung api aktif bisa meletus sewaktu waktu. Selain menimbulkan
korban dan kerusakan, letusannya bermanfaat bagi kehidupan manusia.
1.
Malaysia
Malaysia
dikenal dengan nama Negeri Jiran. Negara ini berdekatan dengan wilayah
Indonesia. Selain itu, negara ini juga berbatasan dengan Singapura. Akan
tetapi, kenampakan alam Malaysia berbeda dengan Indonesia. Wilayah dari negara
ini terdiri atas dua kawasan yang dipisahkan Laut Cina Selatan, yaitu
Semenanjung Malaysia (Malaysia Barat) dan Malaysia Timur. Malaysia Barat
merupakan Jazirah Malaysia. Sementara itu, wilayah Malaysia Timur terdiri atas
Sabah dan Sarawak. Bentuk wilayahnya berupa pantai yang landai hingga hutan
lebat dan bukit tinggi. Salah satu contoh kenampakan alamnya adalah Gunung
Kinabalu dengan tinggi 4.101 meter. Gunung ini terletak di Sabah, Malaysia.
2.
Singapura
Singapura
merupakan sebuah negara kota. Letaknya di pengujung Semenanjung Malaysia.
Wilayahnya berbatasan dengan Malaysia dan Kepulauan Riau. Negara ini memiliki
63 pulau dan beberapa pulau kecil. Salah satu kenampakan alam di Singapura
adalah Bukit Timah setinggi 166 meter. Sekitar 23% wilayah Singapura berupa
hutan dan cagar alam. Kawasan hutan dipakai untuk tempat tinggal karena meningkatnya
urbanisasi.
3.
Brunei Darussalam
Negara ini
dikenal dengan sebutan negara petrodollar. Sebuah negara kecil di bagian
utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Negara ini termasuk
negara yang sangat makmur. Sebagian besar wilayahnya terdiri atas dataran
rendah yang pantainya berawa. Sementara itu, daerah pedalaman terdiri atas
bukit-bukit. Wilayah yang paling tinggi di Brunei adalah bukit Pagon. Bukit
lainnya adalah bukit Peradayan dan Patoi. Brunei juga memiliki sungai-sungai
besar di antaranya Sungai Batu Apol, Temburong, Belalong, Tutong, dan Damit.
4.
Thailand
Wilayah
Thailand berbatasan dengan Laos dan Kampuchea di sebelah timur. Di sebelah
selatan berbatasan dengan Malaysia dan Teluk Siam. Di sebelah barat berbatasan
dengan Myanmar dan Laut Andaman. Di sebelah utara berbatasan dengan Myanmar dan
Laos. Kenampakan alam Thailand berupa tanah berliku, dataran tinggi, hutan,
pegunungan, dan bukit-bukit. Puncak tertingginya berupa Gunung Doi Inthanon
setinggi 2.576 meter. Wilayah tengah berupa lembah datar Sungai Chao Phraya
yang mengalir ke Teluk Thailand.
VI.
Alokasi
Waktu: 2 x 35 menit
VII. Metode Pembelajaran
a) Tanya
jawab
b) Ekspositori
c) Pemberian
tugas
VIII. Kegiatan Pembelajaran
a) Kegiatan
pendahuluan
1)
Salam dan do’a
2)
Mengecek kehadiran siswa
3)
Apersepsi
4)
Mengkondisikan kesiapan belajar
5)
Informasi materi dan tujuan
pembelajaran.
b) Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
1) Siswa
di tanya oleh guru tentang nama berbagai negara yang mereka ketahui.
2) Siswa
menyebutkan nama negara - negara di Asia Tenggara.
3) Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru tentang kenampakan alam negara – negara
tentangga Indonesia.
2. Elaborasi
1) Siswa
diberikan latihan oleh guru tentang kenampakan alam negara – negara tetangga
Indonesia.
2) Siswa
dibimbing oleh guru dalam menyelesaikan latihan yang diberikan.
3) Siswa
dibimbing oleh guru dalam mempresentasikan hasil latihan ke depan kelas.
3. Konfirmasi
1) Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2) Guru
meluruskan kesalahpahaman pada waktu tanya jawab,dan memberikan penguatan dan
penyimpulan.
c) Kegiatan
Akhir
1) Guru
menutup kegiatan pembelajaran.
2) Salam
penutup.
IX. Alat /media dan Sumber Belajar
a) Alat/Media
1. Power
point
2. Gambar
kenampakan alam
b) Sumber
belajar
1. KTSP
TIM BSNP. 2006. Standar isi kurikulum KTSP untuk SD/MI. Depdiknas. Jakarta.
2. Arif
Julianto,dkk.2008. IPS untuk SD/MI Kelas 1. Depdiknas: Jakarta.
X. Penilaian
Pembelajaran
1. Evaluasi
Proses
Aspek-aspek yang dinilai adalah
·
Keberanian siswa dalam setiap menjawab
pertanyaan.
·
Ketepatan siswa dalam menyebutkan
kenampakan alam negara – negara tetangga.
·
Keaktifan siswa dalam kegiatan
pembelajaran.
Format
Penilaian proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Keterangan
|
||
Keberanian
|
Ketepatan
|
Keaktifan
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
2. Evaluasi
Hasil
Format Penilaian Hasil
No
|
Nama
Siswa
|
Soal
No. 1
|
Soal
No. 2
|
Soal
No. 3
|
Soal
No. 4
|
Soal
No. 5
|
Soal
No. 6
|
Soal
No. 7
|
Soal
No. 8
|
Soal
No. 9
|
Soal
No. 10
|
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
dst
|
Instrumen Penilaian (Tes
Tertulis)
Jawab pertanyaan berikut
ini dengan tepat !
1.
Sebutkan empat negara tetangga yang letaknya
berdekatan dengan Indonesia ?
2.
Selain Indonesia, negara apa sajakah
yang berbentuk kepulauan ?
3.
Indonesia terletak di antara dua benua.
Sebutkan
kedua benua itu ?
4.
Indonesia juga diapit oleh dua samudra.
Sebutkan
kedua samudra itu ?
5.
Sebutkan dua wilayah negara malaysia ?
6.
Sebutkan contoh kenampakan alam di
negara malaysia ?
7.
Bukit Timah merupakan salah satu
kenampakan alam yang berada di negara apa ?
8.
Dikenal dengan sebutan apakah negara
Brunei Darussalam itu ?
9.
Bagaimanakah keadaan alam di Brunei
Darussalam itu ?
10.
Sebutkan kenampakan alam yang berada di
negara Thailand ?
Kunci Jawaban
1.
Malaysia, Siangapura, Brunei Darussalam,
dan Filipina.
2.
Singapura dan Filipina.
3.
Benua Asia dan Australia.
4.
Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
5.
Semenanjung Malaysia (Malaysia Barat)
dan Malaysia Timur.
6.
Gunung Kinabalu dengan tinggi 4.101
meter.
7.
Negara Singapura.
8.
Negara Petrodollar.
9.
Sebagian besar wilayahnya terdiri atas
dataran rendah yang pantainya berawa dan di daerah pedalaman terdiri atas bukit
– bukit.
10.
Tanah berliku, dataran tinggi, hutan,
pegunungan, dan bukit – bukit.
Kriteria penskoran pada
evaluasi hasil.
Setiap soal jika dijawab dengan benar
diberi skor 10 dan jika tidak dijawab sama sekali diberi skor 0.
Pontianak, 5 September 2013
Guru Kelas Praktikan,
Karyati A, Ma Pd M.
Setiawan
197109271991102001 NIM.
F37010049
Tidak ada komentar:
Posting Komentar